20091024

ANCAMAN GEMPA DI BANDUNG 7 SR

PATAHAN LEMBANG PERLU DIWASPADAI
Selasa, 6 Oktober 2009 20:05 WIB
Laporan wartawan KOMPAS Yulvianus Harjono
BANDUNG, KOMPAS.com — Patahan Lembang yang berada di utara Kota Bandung akhir-akhir ini menjadi pusat perhatian dan kajian sains, baik oleh Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), maupun Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Bandung. Sesar yang diyakini aktif ini menyimpan ancaman besar akan gempa. (Selengkapnya..)


BANDUNG TERANCAM GEMPA DAHSYAT
Sejak dua tahun lalu, kita pernah mendiskusikan Sesar Lembang danpotensi gempa yang mungkin akan ditimbulkannya serta kaitannya denganaktivitas volkanisme Gunung Tangkuban Perahu. Di bawah ada beberapakutipan komentar saya soal ini. Sesar sepanjang seperti Sesar Lembang(25 km) kalau teraktifkan secara hebat memang mungkin saja akan membuatgoncangan gempa berkekuatan 6-7 SR. Pak Danny Hilman (dan Pak DjediWidarto) (LIPI) pertama kali mempresentasikan itu hampir 3 tahun lalu diPIT ke-33 IAGI di Bandung. (Selengkapnya..)


STUDI AKTIVITAS SESAR LEMBANG MENGGUNAKAN TEKNOLOGI GPS
Batas lempeng dalam skala yang lebih kecil dikenal sebagai sesar yang merupakan suatu batas yang menghubungkan 2 Blok tektonik yang berdekatan [Puspito, 2000]. Bidang sesar (fault plane) adalah sebuah bidang yang merupakan bidang kontak antara 2 blok tektonik. Pergeseran bidang sesar dapat berkisar dari antara beberapa meter sampai mencapai ratusan kilometer. Sesar merupakan jalur lemah, dan lebih banyak terjadi pada lapisan yang keras dan rapuh. (Selengkapnya.. )

Tidak ada komentar: