20090910

LISTRIK PRA BAYAR PLN ?


Akhirnya kemaren sore rumah kami dipasang meteran LISTRIK PRA BAYAR PLN masing-masing dengan Daya 1300KWH (untuk rumah 2km.tidur)dan 3300KWH (untuk 18kamar kost), masing masing dikasih Isi ulang pertama Token 20ribu (senilai 19,4KWH untuk daya 3300KWH dan 30KWH untuk daya 1300KWH). dan dikasih kartu sejenis kartu ATM yang berisi no.pelanggan.

Dari penjelasan petugas dilapangan, diantaranya :
1. Listrik akan otomatis mati saat nilai Token habis, kapanpun tanpa ampun (Termasuk tengah malam/hari libur/bukan jam kerja PLN dan Kantor POS
2. Sedangkan Pembelian Token baru dapat dilakukan di kantor PLN dan kantor pos terdekat yang jaraknya kebetulan tidak dekat dari rumah kami.
3. Token hanya bisa dibeli pada jam kerja saja.
4. bila kita membeli beberapa Token masing-masing seharga 100.000x5buah. misalnya dengan seri/urutan token1, token2, token3, token4, dan token5 (buat jaga-jaga listrik mati pada bukan jam kerja/dan biar ga bolak-balik Kantor POS/PLN yang jauh itu), tapi kita masukin no.urut token langsung token no.seri/no.urut5, secara otomatis no.seri/no.urut token1, token2, token3, dan token4, akan hangus/ dianggap sudah dipakai dan HEBATNYA ga bisa dikomplen ke PLN/ Wajib ngIKHLASin uang yang kita keluarkan buat beli 4buah token tersebut (Rp100.00X4buah= Total Rp.400.000).
5. Bila terjadi ERROR pada mesin METER Otomatis, Listrik kita.... sd mesin bekerja normal lagi

Kalo kelebihan/ keuntungan, menurut saya sementara ini hanyalah untuk pihak PLN saja, misal :
1. EFISIENSI Kerja, karena ga usah menggaji/MENAMBAH Karyawan pencatat Meter dan loket pembayaran LISTRIK seperti Paskabayar (Siap-siap nambah pengangguran).
2. Hemat Modal, karena Biaya Listrik dimodalin Konsumen (PRA BAYAR / Membayar yang belum dipakai). seharusnya Harga TDL lebih murah ke konsumen.
3. Apalagi yah. (Pembaca deh yang mnambahin..).

Keuntungan Buat konsumen, saat ini :
1. Permohonan Listrik Prabayar diPRIORITASkan dibanding Permohonan Paska bayar.
2. Katanya BISA LEBIH HEMAT, menurut saya GAK NGEFEK kalo untuk bidang usaha yang memang kebutuhan Daya Listrik minimalnya misal sama dengan nilai daya KWH yang terpasang. (bahkan dari blog tetangga di itung2 katanya harga per KWH jatuhnya lebih mahal).


KOMENTAR AWAL dan SARAN KAMI Untuk PLN :
1. Pastikan Alat Pengukur telah teruji/sertifikasi oleh badan yang LEGAL menurut hukum di Indonesia (ga tahu apa yah..) kalo ga salah diantarnya syarat manual book sudah berbahasa Indonesia.(yang dari afrika ini ACE9000 TAURUS IBS masih b.inggris saja). dan kata petugas masih suka ERROR.
2. TOKEN bisa dibeli dimana saja (JARINGAN BANK YANG LEBIH LUAS), misal SMS Bankingnya BCA,Mandiri,BNI,dll bahkan bisa dibeli dimana saja seperti KITA BELI PULSA ELEKTRIK/VOUCHER FISIK HANDPHONE (saya YAKIN Baru Masyarakat Indonesia setuju LISTRIK PRABAYAR LEBIH MUDAH/EFEKTIF Buat PELANGGAN Bukan PLN Saja).
3. Komentar Lain biar Pembaca sesama pemakai LISTRIK PRA BAYAR yang nambahin biar Lebih Objektif.. baik buruknya (soalnya kan Dirumah saya baru dipasang).

TERIMA KASIH,

2 komentar:

mitra mengatakan...

Sebagai informasi, token PLN bisa dibeli di loket PPOB Arindo, untuk detail alamat silahkan klik di link ini.
htttp://www.mitra-arindo.net

Jika tertarik buka loket penjualan token, bisa juga di sini
htttp://www.mitra-arindo.net

kuntilanak mengatakan...

Sistem Token => Meringankan PLN
merugikan rakyat

gimana pasal 33 UUD 45?

Gila gue tengah malem abis token (lupa beli), mampus sampe besoknya ga ada air.
katanya tempat jualan tokennya ada yg maintrenance sd 3 hari, mampus tuh orang ga bisa beli token selama 3 hari. Gelappppp... jadi habis terang terbitlah gelap....